Jenis Hamster


.


Sekilas tentang hamster

Hamster merupakan sejenis binatang pengerat yang termasuk dalam subfamili cricetinae Subfamili ini terbagi ke dalam sekitar 18 spesies, yang diklasifikasikan ke dalam enam atau tujuh genus. Ada berberapa jenis yang umum ditemui dan dipelihara yaitu :
1. Hamster mini Campbell (Phodopus campbelli)
2. Hamster mini winter white (Phodopus sungorus)
3. Hamster mini Roborovski (Phodopus roborovski).
4. Hamster Syria (Mesocricetus auratus)

Nah itu tadi jenis hamster yang paling banyak di pelihara & di kembang-biakan, selanjutnya saya akan membahas lebih dalam tentang masing-masing dari jenis hamster tsb.

  • Hamster Campbell
Merupakan hamster mini yang memiliki paling banyak variasi warna dan tipe bulu. Hamster ini termasuk dalam kelas hamster mini dengan ukuran dewasanya 9 - 12 cm. Karakter yang menonjol dari hamster ini adalah sifatnya yang lebih 'berani' dibanding hamster jenis lain. Untuk saat ini hamster campbell masih menyandang sebutan sebagai "hamster galak" karena tidak jarang menggigit tangan kita. Tapi saya sendiri yakin kalau ini hanyalah akibat dari perlakuan yang salah dari para peternak dipadu dengan sifat 'berani' dari hamster campbell sehingga jika merasa terancam hamster campbell memiliki kecenderungan untuk menggigit. Tapi dengan perlakuan yang lembut dan usaha untuk menanamkan kembali kepercayaan, hamster campbell ini bisa menjadi sangat jinak dan teman yg sangat menyenangkan.

Kelebihan Hamster Campbell = Hamster ini memiliki banyak variasi warna dan tipe bulu sehingga Anda memiliki banyak pilihan. Hamster ini termasuk pandai untuk ukuran seekor hamster dan ada sedikit tantangan untuk menjinakkan hamster-hamster Campbell yang selama ini dikenal galak.

Kekurangan Hamster Campbell = Karena banyaknya hamster campbell yang "salah asuh" dan menjadi galak, tentu saja hamster ini tidak cocok bagi anak kecil dan orang yang tidak rela mendapat satu atau dua gigitan.
Berikut ini gambar  hamster jenis campbel :

  • Hamster Winter
Hamster winter sendiri tidak jauh beda ukuranya dengan campbel yg membedakan keduanya Cuma bentuk kepala winter yg agak kedepan dan warna buluny yang lebih lembut, selain itu jenis hamster ini adalah hamster yg paling jinak jadi sangat cocok di pelihara untuk anak-anak. Untuk harganya pun lebih mahal di banding jenis campbel.

Kelebihan hamster Winter White adalah:
  1. Merupakan hamster ‘ramah’ sejak lahir. Sehingga Anda tidak memerlukan usaha khusus untuk menjinakkannya.
  2. Cukup bermain dan memegangnya setiap hari maka ia akan jinak dalam waktu sekitar 1-2 minggu.
  3. Hamster jenis ini juga bisa berubah warna menjadi putih jika ditempatkan di ruangan yang dingin dan kembali menjadi warna aslinya jika ditempatkan di ruangan yang bersuhu normal.
Kekurangan hamster Winter White adalah:
  1. Bersikap terlalu malas, dan lebih banyak menghabiskan waktu untuk tidur dan makan dibanding bermain.
  2. Hamster Winter White juga ada yang galak dan menggigit,
  3. Untuk kasus seperti ini biasanya hamster jenis ini menggigit dengan lebih keras dan sering tidak mau melepas gigitannya.
  4. Berbeda dengan hamster campbell yang biasa menggigit tapi kemudian langsung kabur.
Berikut ini gambar hamster jenis winter :

  • Roborovski
Hamster jenis roborovski adalah jenis hamster terkecil.Hamster dewasanya hanya berukuran sekitar 5 cm Jadi walaupun sudah dewasa tubuh mereka tetap kecil. Roborovski memiliki muka yang imut dan lucu.
Hamster ini memiliki gerakan yang paling lincah, suka berlari dan melompat. Diantara semua jenis hamster,roborovski adalah hamster paling penakut. Jadi saran saya, jika anda ingin memelihara hamster untuk lucu-lucuan,untuk dimanja,untuk memegang-megang,mengelus-elus sebaiknya anda jangan memilih jenis roborovski. Setiap anda ingin memegang pasti si hamster akan ketakutan dan berlari-lari seperti stress, padahal tidak. Hamster roborovski hanya memiliki 2 variasi, yaitu : normal dan white face (muka putih) dengan warna bulu kurang lebih sama yaitu punggung kekuningan dengan perut putih.



Berikut ini gambar Hamster Jenis Roborovski :

 SYRIA

Hamster syria ini bentuknya besar banget, kayak tikus got. hehehe kalo yang suka besar - besar ya monggo di pelihara tapi kayaknya hamster jenis ini pemalas dech. kurang lincah, panjang seh bentuknya so jadi males2an.Kelebihan dari hamster jenis ini yaitu mudah jinak cocok bgt buat anak kecil yg suka pegang2 hamster. 
Spesifikasi hamster syria:
        -> umur normal 2-2,5 tahun
        -> panjang 15-20 cm
        -> lama kehamilan sekitar 20 hari
Berikut ini gambar Hamster Jenis Syiria :








                                                                                                                                 



Free Template Blogger collection template Hot Deals BERITA_wongANteng SEO theproperty-developer

Posting Komentar